Penulis / NIM
SITTY RAHMATYA TUADINGO / 931414036
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Sitty Rahmatya Tuadingo. 931 414 036. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Q Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd, MM selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Grand Q Kota Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kualitas Pelayanan Grand Q Hotel Kota Gorontalo terhadap Kepuasan Pelanggan Pelanggan pada Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Nilai Koefisien regresi dengan arah postif menunjukan terdapat pengaruh yang positif Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pelanggan Grand Q Hotel Kota Gorontalo, artinya jika manajemen hotel memberikan pelayanan yang berkualitas maka kepuasan pelanggan akan semakin mengalami peningkatan tingkat kepuasan. (2) Hasil angka R Square adalah sebesar 0,655. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 65,5% variabilitas Kepuasan Pelanggan Pelanggan pada Grand Q Hotel Kota Gorontalo dapat dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan yang ada di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, sedangkan sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor-faktor lain tersebut dapat berupa bauran pemasaran jasa seperti product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Download berkas