Penulis / NIM
SYAIFUL BACHRI SABIHI / 931414038
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
SYAIFUL BACHRI SABIHI, 931 414 038. 2018. Pengaruh Promosi Online dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Konsumen pada Produk Shopee. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo 2018, dibawah bimbingan Ibu Hj. Zulfia K. Abdussamad, SE, M.Si, selaku Pembimbing I dan Ibu Yulinda L. Ismail, M.Si, selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi Online (X1) terhadap Keputusan Konsumen (Y) pada Produk Shopee, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan (X2) terhadap Keputusan Konsumen (Y) pada Produk Shopee, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi Online (X1) dan Kepercayaan (X2) terhadap Keputusan Konsumen (Y) pada Produk Shopee. Pemilihan responden melibatkan konsumen yang pernah melakukan transaksi maupun memesan barang di Shopee yang diketahui berjumlah 96 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan dianalisis secara statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) nilai t-hitung untuk variabel promosi online (8,433) â nilai t tabel (1,661) maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terbukti atau diterima bahwa secara individual variabel promosi online memiliki pengaruh yang siginfikan terhadap keputusan konsumen di Shopee. (2) nilai t-hitung untuk variabel kepercayaan (2,307) â nilai t tabel (1,661) maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terbukti atau diterima bahwa variabel kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja/transaksi di Shopee. Selanjutnya, diketauhi bahwa nilai R sebesar 0,720 dan nilai R square (R2) sebesar 0,519. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 51,9% dari seluruh variabel bebas (promosi online dan kepercayaan) situs jual-beli online Shopee memiliki kontribusi untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Adapun besaran 48,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini, seperti produk, harga, distribusi, dan lain-lain.
Kata Kunci : Promosi Online, Kepercayaan, Keputusan Konsumen.
Download berkas