Penulis / NIM
NUR AIN S. USMAN / 931414051
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ANDI YUSNIAR MENDO, SE, MM / 0023097004
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Nur Ain.S.Usman. NIM. 931 414 051. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Dibawah bimbingan Dr. Andi Yusniar Mendo,SE,MM selaku pembimbing I dan Andi Juana, S.Pd,M.Sc selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan pengunjung dari Demajor Cafe Kota Gorontalo yang diketahui sebanyak 96 orang.
Hasil penelitian ini memperoleh persamaan regresi yakni =9,364+0,907, yang menjelaskan bahwa jika diferensiasi produk yang ditawarkan di Demajor Cafe Gorontalo mengalami kenaikan 1 point/satuan maka hal tersebut akan meningkatkan nilai kepuasan pelanggan sebesar 0,907 point. Disamping itu nilai R2 sebesar 0,828 menjelaskan bahwa sebesar 82,8% dari diferensiasi produk yang ada di Demajor Cafe Gorontalo mempengaruhi kepuasan pelanggan. Adapun sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Diferensiasi Produk, Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
Nur Ain S. Usman. Student Id. 931 414 051. The Influence of Product Differentiation towards Customers' Satisfaction at Demajor Cafe of Gorontalo City. Skripsi. Bachelor Study Program of Management, Department of Management, Faculty of Economics, State University of Gorontalo, 2018. The principal supervisor is Dr. Andi Yusniar Mendo, SE, MM, and the cosupervisor is Andi Juana, S.Pd, M.Sc.
The research aims at investigating the extent of the influence of product differentiation towards customers' satisfaction at Demajor Cafe of Gorontalo City. This is a descriptive quantitative study by applying survey method conducted by spreading questionnaire to respondents. Then, the data that have been collected through questionnaire are analyzed statistically. The respondents' selection involves 96 customers of Demajor Cafe of Gorontalo City.
Based on findings, regression equation of =9,364+0,907 is obtained explaining that if product differentiation offered by the Demajor Cafe of Gorontalo City increase for 1 point/unit, it will be followed by the increase of customers' satisfaction value for 0,907 points. Basides, R2 for 0,828 explains that for 82,8% of product differentiation of Demajor Cafe of Gorontalo City influences the customers' satisfaction. The rest 17,2% is influenced by other factors out this study such as price, promotion, service, etc.
Keywords: Product Differentiation, customers' Satisfaction
Download berkas