SKRIPSI

Penulis / NIM
UUT WAHYUNI SARMITA / 931414055
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK Uut Wahyuni Sarmita. 931 414 055. 2018. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Industri Pengolahan Pangan di Kota Gorontalo. Di bawah bimbingan Supardi Nani SE, M.Si dan Yulinda Ismail, S.Pd., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inovasi produk terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Industri Pengolahan Pangan di Kota Gorontalo. Dengan populasi yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 410 unit industri kue krawang. Metode pengambilan sampel adalah Non probabilty dengan teknik yang dilakukan secara Purposive sampling sebanyak 62 sampel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui analis regresi linier sederhana. Hasil pengujian dalam penelitian ini melalui Instrumen validitas menunjukan rhitung > rtabel yaitu 0,3 artinya valid dan reliabilitas berada di atas 0,8 artinya sangat reliabel. Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi sederhana yaitu, ... = + b X = 18,643+0,719X . Hasil uji t menunjukkan bahwa tHitung untuk variabel Inovasi Produk diperoleh nilai thitung = 7.391 dengan tingkat Pvalue = 0,000, dengan menggunakan batas signifikan = 0,05 didapat ttabel (95% ; 62-1) sebesar 1,670. Dari hasil tersebut maka kriteria pengujian yaitu thitung > ttabel atau Pvalue yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima menunjukan variabel inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji F menunjukan bahwa Fhitung sebesar 54.627>Ftabel sebesar 3,15 dengan signifikansi 0,000 artinya model yang ditawakan Fit atau model yang digunakan dapat memprediksi masalah dalam penelitian ini. Koefesien Korelasi inovasi produk mempunyai hubungan kuat dengan variabel dependent. Adapun koefisien determinasi (R2) menunjukan besarnya kontribusi 0,468 atau 46,8% dari inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, sedangkan sisanya yaitu 0,532 atau 53,2% berupa kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dan diteliti dalam penelitian ini seperti kepemimpinan biaya, orientasi wirausaha, orientasi pasar maupun strategi diferensiasi dan lain-lain. Kata kunci: Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011