Penulis / NIM
LILIS SUMARNI SM. HAKIM / 931415007
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Lilis Sumarni SM. Hakim. 931 415 007. 2020 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Isimu. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Rizan Machmud, S.Kom, M.si selaku pembimbing 1 dan Ibu Zulfia K. Abdussamad, S.E.,Msi selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Isimu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 50 orang konsumen. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Isimu Kabupaten Gorontalo. Koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan serta dirasakan baik pula oleh konsumen maka kepuasan konsumen juga akan semakin besar bahkan akan berdampak pada kesetiaan konsumen terhadap perusahaan PT. Hasjrat Abadi Cabang Isimu Kabupaten Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,636. Nilai ini berarti bahwa sebesar 63,60% kepuasan konsumen pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Isimu Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh strategi kualitas pelayanan yang diberikan. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap kepuasan konsumen sebesar 37,40%. Adapun variabel lain tersbeut yakni produk, price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (orang), phisical evidence dan proses.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Download berkas