Penulis / NIM
SIENNY APRILIA SUGIRI / 931415025
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan E-Service Quality terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi grab. Penelitian yang melibatkan 96 orang responden ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai thitung sebesar 5,516 dengan tingkat signifikansi 0,000.
Ini membuktikan bahwa E-Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna platfrom Grab di Kota Gorontalo. Perolehan nilai R2 atau R square yang senilai 0.245 mengindikasikan besaran pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 0.245 atau jika dipersenkan sama dengan 24,5%. Sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan secara rinci dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan elektronik yang diberikan oleh Grab akan semakin meningkatkan kepuasan penggunanya. Mengacu pada kesimpulan, peneliti menyarankan agar pihak Grab lebih responsif dalam menanggapi keluhan konsumen. Terutama ketika dalam kondisi hujan seringkali sulit menemukan driver yang bersedia untuk pick up orderan. Selain itu, disarankan pula agar pihak Grab meng-upgrademesin pencarian lokasi karena seringkali driver tidak sesuai dengan titik.
Download berkas