Penulis / NIM
CLARA RIZKY TRIYANI RAUF / 931415041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRACT
The research population is patients or visitors at the labor unit in Toto Kabila Hospital and Aloei Saboe Hospital, which assumed unidentified due to the high number of patients or visitors every day. The samples were 80 respondents collected by accidental sampling. The indicators used to measure whether or not there was the difference between the quality of services obtained and expected by the consumers were 5 dimensions of service quality (tangible, reliability, responsiveness, assurance, & empathy). The data were primary data obtained from the questionnaire distributed directly to the respondents. The technique of data analysis to verify the hypothesis was an independent sample t-test.
Findings revealed the significance value (sig-2 tailed) for 0,002 for perception at a significance level of 5%, thus, the value was significant because 0,000 was lower than 0,05. Therefore, it can be concluded that there was a different perception of service quality in Toto Kabila Hospital and Aloei Saboe Hospital, hence the H1 was accepted.
Keywords: Service Quality
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keterangan, informasi, dan data mengenai hal-hal yang belum diketahui sebelumnya. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana Perbandingan Kualitas Pelayanan Di Unit Persalinan Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.H.Aloe Saboe dan Rumah Sakit Toto Kabila Gorontalo. populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di Unit Persalinan RSUD Prof.Dr.H.Aloei Saboe dan RSUD Toto Kabila, yang diasumsikan tidak diketahui karena jumlah pasien atau pengunjung yang banyak berkunjung setiap hari. Pada penelitian ini jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Dalam menentukan sampel, teknik sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Acuan yang digunakan untuk mengukur apakah ada perbedaan antara kualitas pelayanan yang diterima dan diharapkan oleh pengunjung adalah 5 dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, & emphaty). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar langsung melalui responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan metode uji beda (independent sample t test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig-2 tailed) sebesar 0,002 untuk persepsi. Pada tingkat signifikansi 5% nilai tersebut signifikan karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi kualitas layanan Rs Aloe Saboe dan Rs Toto Kabila sehingga H1 diterima. Hasil Analisis independen sample t-test nilai signifikansi (sig-2 tailed) sebesar 0,000 untuk ekspetasi. Pada tingkat signifikansi 5% nilai tersebut signifikan karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan ekspetasi kualitas layanan Rs Aloe Saboe dan Rs Toto Kabila sehingga H2 diterima.
Kata Kunci:Kualitas Pelayanan
Download berkas