Penulis / NIM
RISKI GIMNASTIAR SUKARDI / 931415091
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
Rizki Gimnastiar. Nim 931415091. S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Tahun 2021. Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di UMKM Miss Putungo di Kabupaten Bone Bolango) . Pembimbing I bapak Dr. Rizan Machmud, S.Kom, M.Si dan Pembimbing II bapak Andi Juana, S.Pd, M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: apakah terdapat pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Minat Beli Konsumen Kasus di UMKM Miss Putungo di Kabupaten Bone Bolango.
Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang yang menjadi konsumen UMKM Miss Putungo di Kabupaten Bone Bolango , jumlah populasi merupakan jumlah sampel pada penelitian ini karena menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih keci dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau strategi diferensiasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
Pengaruh strategi diferensiasi (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung 4,926> t tabel 1,692, . Dengan demikian hipotesis uji t untuk Ha (variabel strategi diferensiasi) berpengaruh. Dengan hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima. Nilai R-square sebesar 0,424 atau sebesar 42,4% variabel strategi diferensiasi memberikan kontribusi untuk mempengaruhi variabel minat beli konsumen. Adapun sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, dll.
Kata Kunci : Straregi Diferensiasi, Minat Beli Konsumen
Download berkas