Penulis / NIM
FEBRIYANTO NGABISO / 931415106
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Pembimbing 2 / NIDN
Dr UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
ABSTRAK
Febriyanto Ngabiso, Nim 931415106. 2020. "Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kota Gorontalo) Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Ibu Umin Kango, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa besar pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek, 2) seberapa besar pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, 3) seberapa besar pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Jenis Penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah konsumen Aqua di Kota Gorontalo yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini memperoleh persamaan regresi: Y= 14,324 + 0,271 + 0,486. Dengan nilai t tabel 1,661, nilai F tabel 3,09, dan tingkat signifikansi 5% (0,05). Berdasarkan hasil uji secara parsial membuktikan bahwa: 1) variabel citra merek memiliki t-hitung 3,118 �¯ï¿½�¾ t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,002 �¯ï¿½�¼ 0,05 dan nilai pengaruhnya sebesar 12,8%. 2) variabel kepercayaan merek memiliki t-hitung 5,840 �¯ï¿½�¾ t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 �¯ï¿½�¼ 0,05 dan nilai pengaruhnya sebesar 30,5%. Hasil ini menunjukan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek. 3) Hasil uji secara simutan memiliki F-hitung sebesar 37,046 �¯ï¿½�¾ F tabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 �¯ï¿½�¼ 0,05. Sedangkan nilai Adjusted R2 0,421 menjelaskan bahwa sebesar 42,1% dari citra merek dan kepercayaan merek memiliki kontribusi untuk mempengaruhi loyalitas merek. Adapun selebihnya 57,9% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini seperti harga, promosi, dan distribusi.
Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek.
Download berkas