Penulis / NIM
MOHAMAD DION SETIAWAN ARNOLD / 931415141
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
Moh. Dion S. Arnold. Nim 931415141. S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Tahun 2019. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo). Pembimbing I Ibu Tineke Wolok, S.T, M.M dan Pembimbing II Bapak Andi Juanna, S.Pd.,M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sales Promotion (Promosi Penjualan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Promosi Penjualan (X) sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian (Y).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS 22 for Windows.
Hasil uji koefisien regresi melalui uji t membuktikan bahwa diperoleh nilai t-hitung untuk variabel promosi penjualan di Toko Mitra Elektronik Gorontalo sebesar 7,291, dan telah diketahui sebelumnya nilai t tabel sebesar 1,661 jika dibandingkan maka nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Jika mengacu pada nilai signifikansinya, diketahui nilai signifikansi variabel promosi penjualan sebesar 0,000 dan tingkat signifikansi yang bisa diterima sebesar 5% atau 0,05, atau dengan kata lain nilai signifikansinya masih jauh lebih kecil dari nilai signifikasi (alpha). Jadi secara parsial atau individual variabel promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di toko Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Promosi Penjualan dan Keputusan Pembelian.
Download berkas