SKRIPSI

Penulis / NIM
RIFKI K. MOHAMAD / 931415153
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK RIFKI K MOHAMAD. NIM 931 415 153. S1 Manajamen. Faklutas Ekonomi Tahun 2019. Analisis Strategi Daya Saing (Comptetitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Pembimbing I Bapak Supardi Nani, SE, M.Si dan Bapak Pembimbing II Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd, MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi daya saing (competitive advantage) kopia karanji Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatakan kualitatif dengan melakukan wawancara , pembagian angket kepada pemilik industri (1 orang) dan pengrajin kopia Gorontalo (20 orang) untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal, Analisis Matriks EFAS dan IFAS, Analisis Matriks SPACE, Analisis Matriks TOWS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi eksternal kopia karanji Gorontalo berada pada posisi baik dengan total nilai 2.4747 yang berarti (industri kopia karanji) dalam hal strategi daya saing telah memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalisir ancaman. Total skor peluang lebih besar daripada total skor ancaman (y > 0) dengan selisih total skor ancaman-peluang sebesar 1.2602. Sedangkan dari sisi internal industri kopia karanji Gorontalo juga berada pada posisi baik dengan total nilai 3.2332 yang berarti (industri kopia karanji) dalam hal startegi daya saing telah mengoptimalkan untuk menfaatkan kekuatan untuk mengurangi kelemahan. Total skor kekuatan lebih besar daripada total skor kelemahan (x > 0) dengan selisih total skor kelemahan-kekuatan sebesar 0.6084. Berdasarkan hasil dari analisis matriks SPACE industri kopia karanji berada pada posisi Kuadran I (Strategi Agresif) dengan menerapkan strategi market penetration, market development, product development, dan concentric diverification. Dan juga startegi alternatif yang harus diterapkan berdasarkan analisis TOWS ialah; memanfaatkan sumber daya industri yang ada, memanfaatkan kecanggihan teknologi, mengandalkan manajemen yang efisien (keuangan dan pemasaran), mengadakan izin usaha, menerapkan sistem usaha yang kreatif dan inovatif, pengembangan kualitas dan kuantitas produk serta memperluas pangsa pasar. Kata kunci: Competitive advantege, Analisis TOWS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011