Penulis / NIM
ELVIRA YUNING DESWITA ALI / 931415177
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Pembimbing 2 / NIDN
ENDI RAHMAN, SE, MM / 0013068006
Abstrak
ABSTRAK
ELVIRA YUNING DESWITA ALI. NIM 931415177. S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi Tahun 2019. Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Grand Q Kota Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muchtar Ramin Ahmad, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Bapak Endi Rahman, SE.,MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Knowledge Management (X) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan pada 33 responden yang menjadi sampel dari populasi yang berjumlah 125 orang yaitu karyawan pada Hotel Grand Q Kota Gorontalo. Analisis data menggunakan tehnik analisis regresi linear sederhana dengan memakai aplikasi program SPSS versi 22.
Hasil uji analisis regresi yang menunjukkan bahwa Y = 30.376 + 0.743 diketahui bahwa nilai variabel Y sebelum dipengaruhi adalah sebesar 30.376 (konstan) dan akan mengalami perubahan sebesar 0.743 jika dipengaruhi oleh variabel X, ini berarti nilai koefisien b mengartikan bahwa pengaruh X terhadap Y positif. Nilai uji thitung 6,160 > t tabel 1,692 dengan taraf signifikan 0,000 sehingga HO ditolak dan Ha diterima atau Knowledge Management memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,550. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 55% dari variabel X (Knowledge Management) memiliki kontribusi untuk mempengaruhi variabel Y (Kinerja Karyawan). Adapun sisanya sebesar 0,450 atau 45% dipengaruhi oleh faktor-faktor (variabel) lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti motivasi, disiplin kerja, pelatihan. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Grand Q Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Knowledge Management, Kinerja Karyawan
Download berkas