Penulis / NIM
NUR ALIM IKANO / 931416014
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Nur Alim Ikano. NIM. 931 416 014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Bengkel Fortuner Motor Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Rizan Machmud, S.Kom, M.Si dan Andi Juanna, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Bengkel Fortuner Motor Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen yang pernah menggunakan jasa di Bengkel Fortuner Motor Gorontalo dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan secara parsial variabel bebas (Kualitas Pelayanan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (Loyalitas Pelanggan) sebesar 6.091. Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,532. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 48,3% variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh Kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 51,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Loyalitas Pelanggan.
ABSTRACT
Nur Alim Ikano. NIM. 931 416 014. The Effect of Service Quality on Customer Loyalty at Fortuner Motor Gorontalo Workshop. Undergraduate Thesis Management Study Program, Management Department, Faculty of Economics. Gorontalo State University, under the guidance of Mr. Rizan Machmud, S.Kom, M.Si and Andi Juanna, S.Pd, M.Sc.
This study aims to see the effect of service quality on customer loyalty at Fortuner Motor Gorontalo. The sample in this study were 96 consumers who had used the services at the Fortuner Motor Gorontalo Workshop by distributing questionnaires to respondents who had met the predetermined sample criteria so that the data in this study were primary data. Data analysis using simple regression analysis techniques.
The results showed that the independent variable (Service Quality) had a significant effect on the dependent variable (Customer Loyalty) of 6,091. Then the R square value is 0.532. This value shows that 48.3% of the Customer Loyalty variable can state the quality of service, while the remaining 51.7% can state by other variables not examined in this study.
Keywords: Quality of service, Customer Loyalty.
Download berkas