Penulis / NIM
MOH. ALFARIZA BARUWADI / 931416022
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Alfariza Baruwadi. 931416022. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Indihome (Studi Kasus Pelanggan Indihome Kota Gorontalo). Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd, MM. selaku pembimbing I dan Ibu Yulinda L Ismail, S.Pd, M.Si. selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan Indihome (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Indihome (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Indihome. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang karyawan. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial analisis jalur (path analys).
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Bauran pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Indihome di PT. Telkom Gorontalo. (2) Bauran pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indihome di PT. Telkom Gorontalo. (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indihome di PT. Telkom Gorontalo. (4) Bauran pemasaran jasa secara tidak langsung (melalui kepuasan pelanggan) berpengaruh signifikan dari bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Indihome di PT. Telkom Gorontalo. Hal ini menunjukan bahwa kepuasan pelanggan mampu menjadi variabel intervening yang menstimulasi pengaruh antara bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan agar nilai determinannya menjadi lebih tinggi. Hasil dalam penelitian ini dapat dilihat besar pengaruh kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat menggunakan nilai R Square, sebesar 0,608. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 60,80% variabilitas loyalitas pelanggan Indihome di PT. Telkom Gorontalo dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran jasa dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 39,20% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Bauran Pemasaran
Download berkas