Penulis / NIM
CICI PARHA ISMAIL / 931416032
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
VALENTINA MONOARFA, SE., MM / 0010076909
Abstrak
Cici Parha Ismail. 931 416 032. 2021. Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Konsumen di Gerai KFC Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Abd Rahman Pakaya, M.Si selaku pembimbing 1 dan Ibu Hj. Valentina Monoarfa, SE, MM selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Eperiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Konsumen di Gerai KFC Kota Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang konsumen. Analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif iferensial regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahhwa (1) Experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada gerai KFC Kota Gorontalo dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,817>1,661) dengan besar pengaruh 16,4%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa experiential marketing memberikan dampak yang baik dalam peningkatan loyalitas konsumen. (2) Emotional marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada gerai KFC Kota Gorontalo dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,463>1,661) denga besar pengaruh 43,9%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa semakin baik emotional marketing maka semakin tinggi pula loyalitas konsumen pada gerai KFC Kota Gorontalo. (3) Expeiential marketing dan emotional marketing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada gerai KFC Kota Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 60,3%. Sedangkan sisanya sebesar 39,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga, promosi dan factor dari dalam diri konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya kemampuan yang baik dari experiential marketing dan emotional marketing dalam meningkatkan loyalitas konsumen pada gerai KFC Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Emotional Marketing, Loyalitas Konsumen
Download berkas