Penulis / NIM
SITTY CHAIRUNNISYA / 931416054
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
Sitty Chairunnisya. 931416054. 2021. Pengaruh brand competence dan brand credibility terhadap trust in brand pada produk smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo. Skripsi program studi S1 manajemen, jurusan manajemen, fakultas ekonomi. Universitas negeri gorontalo, di bawah bimbingan ibu Tineke wolok, S.T.,M.M selaku pembimbing 1 dan ibu Zulfia K abdussamad, S.E.,M.SI selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand competence dan brand credibility terhadap trus in brand pada produk smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 orang konsumen. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) brand competence berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand pada smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo dengan nilai determinan sebesar 31,50%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa brand competence memberikan dampak yang baik dalam peningkatan trust in brand smartphone merk xiaomi. (2) brand credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand pada smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo dengan nilai determinan sebesar 23,70%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik brand credibility maka akan semakin tinggi pula trust in brand dari smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo. (3) brand competence dan brand credibility secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand pada smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo dengan nilai determinan sebesar 55,20%. Sedangkan sisanya sebesar 44,80% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga, layanan purna jual, promosi dan faktor dari dalam diri konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya kemampuan yang baik dari brand competence dan brand credibility dalam meningkatkan trust in brand pada smartphone merk xiaomi di PT. Istana surya berkah kota gorontalo
Kata kunci : Brand competence, brand credibility, trust in brand
Download berkas