Penulis / NIM
KETTY ADITYA PRATIWI / 931416087
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
Ketty Aditya Pratiwi. 2020. Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Smatphone SAMSUNG (Studi Kasus Pengguna Smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Rizan Machmud, S.Kom., M.Si, Pembimbing II: Idris Yanto Niode, S.Pd., MM.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui adanya pengaruh secara parsial dan simultan variabel faktor sosial dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo, dan untuk mengetahui besaran kontribusi variabel faktor sosial dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 68 orang pengguna smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) faktor sosial secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo. 2) faktor psikologi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo. 3) faktor sosial dan faktor psikologi secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo. 4) nilai R Square atau koefisian determinansi R2 menunjukkan besarnya kontribusi 0,132. Hal ini berarti sebesar 0,132 atau 13,2% variasi dari keputusan pembelian smartphone SAMSUNG di Kota Gorontalo (Y) dapat dijelaskan oleh variabel faktor sosial (X1) dan faktor psikologi (X2). Sedangkan sisanya sebesar 86,8% dijelaskan oleh variabel selain variabel yang diteliti.
Download berkas