Penulis / NIM
ANRAINI MULYA ANGGAI / 931416095
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Anraini Mulya Anggai. 2020. Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi empiris pada industry pengolahan makanan jadi skala kecil dan menengah di kotamobagu). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Tineke Wolok, SE., MM, Pembimbing II : Idris Yanto Niode, S,Pd., MM
Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui adanya pengaruh secara parsial dan simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk Panganan UKM di Kota Kotamobagu, dan untuk mengetahui besaran kontribusi pengaruh variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk Panganan UKM di Kota Kotamobagu.
Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha/ owner UKM panganan yang ada di Kota Kotamobagu dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 81 Responden. Metode pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa 1). orientasi pasar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. 2). Inovasi pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. Semua sikap dan tindakan pelaku usaha dalam melakukan inovasi bisnis mempunyai pengaruh terhadap keunggulan bersaing produk; 3). Orientasi pasar dan Inovasi pasar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. Hal ini membuktikan bahwa penguasaan pasar oleh setiap pelaku usaha dengan perpaduan inovasi yang dilakukan akan membawa dampak pada peningkatan keunggulan bersaing produk UMK panganan yang ada di Kota Kotamobagu.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing
Download berkas