Penulis / NIM
NILASARI PAPUTUNGAN / 931416102
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERLINA RASJID, S.E, M.M / 0027017607
Abstrak
ABSTRAK
Nilasari Paputungan. NIM 931 416 102. Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa Tranportasi Grab Terhadap Loyalitas Konsumen, dibawah bimbingan Bapak Dr. Hais Dama, SE, M.Si dan Ibu Herlina Rasjid, SE., MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran jasa memiliki pengaruh terhadap loyalisatas konsumen grab. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa tranportasi grab. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling sebanyak 69 konsumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner kepada konsumen yang menggunakan jasa transportasi grab.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai t-hitung variabel Strategi Pemasaran sebesar 7,755, dan nilai t tabel sebesar 1,668 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Strategi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Dan nilai R sebesar 0,688, dan nilai R square (R2) sebesar 0,473 dengan kata lain bahwa loyalitas konsumen untuk menggunakan jasa transportasi grab, sebesar 47,3% karena dipengaruhi oleh Strategi pemasaran. Adapun lebihnya sebesar 52,7% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti Harga, Kualitas pelayanan, Kualitas produk, dan variabel lainnya.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Loyalitas Konsumen
Download berkas