Penulis / NIM
HADRIANSYAH H. MURSILA / 931416117
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Pembimbing 2 / NIDN
VALENTINA MONOARFA, SE., MM / 0010076909
Abstrak
ABSTRAK
Hadriansyah H. Mursila. 931 416 117. Pengaruh Strategi Diversifikasi Produk Terhadap Daya Saing (Studi Kasus Pada Ikm Pia Putra Kusuma Di Kota Gorontalo). Skripsi progam studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si selaku pembimbing 1, dan Ibu Valentina Monoarfa, SE, MM selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diversifikasi produk terhadap daya saing pada Ikm Pia Putra Kusuma di Kota Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing pada IKM Pia Putra Kusuma di Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa strategi diversifikasi produk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan daya saing IKM Pia Putra Kusuma di Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,327. Nilai ini berarti bahwa sebesar 32,70% daya saing pada IKM Pia Putra Kusuma di Kota Gorontalo dipengaruhi oleh strategi diversifikasi produk. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap daya saing sebesar 67,30% yakni variable promosi, distribusi pemasaran produk, kualitas produk dan harga yang bersaing.
Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Daya Saing
Download berkas