Penulis / NIM
MOHAMAD FIKRI FATUR RAHMAN DILAPANGA / 931416141
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Fikri Fatur Dilapanga, 2022. Pengaruh Internal Marketing
Terhadap Kepuasan Konsumen Provider Telkomsel (Studi Pada Konsumen
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Di Kota Gorontalo). Program Studi S-1
Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
dengan Pembimbing I: Tineke Wolok, ST., MM. Pembimbing II: Andi Juanna,
S.Pd., M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh internal
marketing terhadap kepuasan konsumen provider telkomsel di Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Melalui
metode ini, peneliti diharapkan mampu menjelaskan hubungan antara internal
marketing dengan kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian, kemudian dilakukan
generalisasi atau kesimpulan tentang populasi. Penelitian ini juga menggunakan
pendekatan cross sectional dalam proses pengumpulan data, yakni melakukan
pengumpulan data hanya pada satu waktu saja, tidak dilakukan secara
berkelanjutan.
Sampel yang digunakan dari populasi sebanyak 67 orang. Sedangkan untuk
penentuan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Adapun responden
dalam penelitian ini dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok karyawan dan
kelompok konsumen. Hasil penelitian membuktikan bahwa internal marketing
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kontribusi yang diberikan
oleh internal marketing dalam mempengaruhi kepuasan pelangga adalah sebesar
55%. Nilai ini mempertegas hubungan kuat antara kedua variabel, dari sekian
banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, 55% disebabkan
oleh inernal marketing dan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Internal Marketing; Kepuasan Konsumen
Download berkas