Penulis / NIM
MUHAMMAD SAPTA RAMADHAN GINTING / 931416143
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
Muhammad Sapta Ramadhan Ginting Suka . 2022. Pengaruh Strategi inovasi terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di saat pandemi covid-19 pada usaha makanan Dikfood. Dibawah bimbingan bapak pembimbing I Dr. Rizan Machmud, S.Kom, M.Si. dan bapak Pembimbing II Andi Juanna, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi inovasi berpengaruh terhadap perkembangan usaha makanan Dikfood di masa pandemi covid-19, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Strategi inovasi terhadap perkembangan usaha makanan Dikfood. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengunjungi usaha makanan Dikfood. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling sebanyak 96 konsumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner kepada konsumen yang melakukan pembelian di usaha makanan Dikfood.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung untuk variabel Strategi inovasi sebesar 4,009, dan telah diketahui sebelumnya nilai t tabel sebesar 1,661 jika dibandingkan maka nilai t hitung > dari nilai t tabel. Jika mengacu pada nilai signifikansinya, diketahui nilai signifikansi variabel Strategi inovasi sebesar 0,000 dan tingkat signifikansi yang bisa diterima sebesar 5% atau 0,05, atau dengan kata lain nilai signifikansinya masih jauh < dari nilai signifikasi (alpha). Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Strategi inovasi memiliki pengaruh terhadap Perkembangan usaha makanan Dikfood.
Diketahui bahwa nilai R sebesar 0,382, dan nilai R square (R2) sebesar 0,146. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 15,2% dari variabel terikat penelitian, dapat dijelaskan melalui seluruh variabel bebasnya. dengan kata lain bahwa Perkembangan usaha makanan Dikfood, sebesar 15,2% karena dipengaruhi oleh Strategi inovasi. Adapun lebihnya sebesar 84,8% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor (variabel) lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Kata kunci : Strategi Inovasi, Perkembangan Usaha
Download berkas