Penulis / NIM
DWI AYU HARTINAH / 931417003
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTI MOZIN, S.T., MPA / 0906077501
Abstrak
ABSTRAK
DWI AYU Hartinah. 931 417 003. Efektivitas Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di JNE Cabang Utama Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Sri Yulianty Mozin, S.T., MPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di JNE Cabang Utama Gorontalo. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus melalui (i) triangulasi sumber data melalui perbandingan hasil wawancara dengan isi dokumen terkait; (ii) teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada informan dan studi dokumentasi; (iii) teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MMT di JNE Cabang Utama Gorontalo terlaksana cukup efektif (80%). Dari lima indikator pengukuran efektivitas pelaksanaan MMT, terkendala satu indikator terlaksana kurang efektif (20%), sedangkan empat indikator terlaksana secara efektif (80%). Indikator pelaksanaan MMT yang kurang efektif yaitu sosialisasi pelaksanaan MMT kepada karyawan dan masyarakat kurang digalakkan, sehingga masih ada karyawan dan masyarakat pelanggan yang belum mendapatkan informasi secara utuh mengenai model manajemen mutu yang dilaksanakan di perusahaan. Lain halnya empat indikator pelaksanaan MMT yang efektif yaitu, pertama tercapainya pemahaman karyawan terhadap pelaksanaan MMT. Setelah mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan MMT, karyawan paham mengenai model manajemen mutu yang dilaksanakan di perusahaan. Karyawan telah memiliki pengetahuan mengenai standar mutu kinerja yang ditargetkan dalam SOP. Karyawan merasakan mudah dalam mengikuti standar mutu kinerja yang ditetapkan perusahaan. Kedua, ketepatan sasaran pelaksanaan MMT. Melalui pelaksanaan MMT, masyarakat pelanggan puas dengan efektivitas, efisiensi dan fleksibilitas jasa pelayanan yang diberikan perusahaan, sehingga selalu menjadikan JNE sebagai pilihan utama dalam jasa pengiriman dan penerimaan barang. Ketiga, tujuan pelaksanaan MMT tercapai secara maksimal. Melalui pelaksanaan MMT, perusahaan melakukan pengembangan SDM melalui rekrutmen tenaga yang kompeten dan mengikutsertakan karyawan dalam training dan pelatihan teknis, menambah armada fasilitas angkutan pengiriman dan penerimaan barang, serta mengupdate kebutuhan kelancaran internet. Keempat, perubahan nyata dari pelaksanaan MMT. Dengan dilaksanakannya MMT, masyarakat mudah dalam mengakses pelayanan JNE yang berlokasi di pusat kota Gorontalo, ditangani dengan baik dengan biaya terjangkau.
Kata kunci : Efektivitas, Manajemen Mutu Terpadu.
Download berkas