Penulis / NIM
INDRIYANI M. MOSI / 931417013
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK
INDRIYANI M. MOSI, 2021. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image pada UMKM Adilah Cake & Kukis Kabupaten Gorontalo. Jurusan Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hapsawati Taan, S.T., M.M dan Pembimbing II Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image pada UMKM Adilah Cake & Kukis Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah yang pernah membeli produk pada UMKM Adilah Cake & Kukis Kabupaten Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian diolah dengan program SPSS.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Social Media Marketing mempunyai pengaruh signifikan terhadap Brand Image. Kemudian nilai R Square adalah sebesar 0.477. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 47,7% variabel Brand Image pada UMKM Adilah Cake & Kukis dapat dijelaskan oleh Social Media Marketing, sedangkan 52.3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Image
ABSTRACT
INDRIYANI M. MOSI, 2021. The Impact of Social Media Marketing on Brand Image at UMKM Adilah Cake & Kukis in Gorontalo Regency. Bachelor���s Degree Program in Management, Faculty of Economics, States University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Hapsawati Taan, S.T., M.M. and the co-supervisor is Djoko Lesmana, S.Pd., M.Si.
The essential part of this study is to observe the influence of Social Media The research aims to determine the impact of Social Meida Marketing on Brand Image at UMKM (Micro, Small, and Medium Enterprise) Adilah Cake & Kukis in Gorontalo Regency. The technique of data collection uses a questionnaire with a Likert scale containing five alternatives of response. The method used in this research is quantitative, where is populations are customers who have bought products at UMKM Adilah Cake & Kukis in Gorontalo Regency, and the samples are 96 people. As technique of data analysis, it employs simple linear regression analysis while the hypothesis test uses SPSS program.
The research finding denotes that, partially, Social Media Marketing owns a significant impact on the brand image. In addition, the value of R Square is 0.477 where it indicates that 47.7% of brand image variable at UMKM Adilah Cake & Kukis can be elucidated by Social Media Marketing whereas the rest 52.3% is impacted by other factors excluded in these variables that are studied.
Keywords: Social Media Marketing, Brand Image
Download berkas