Penulis / NIM
ADITYA TRI KURNIA KADIR / 931417140
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
Aditya Tri Kurnia Kadir, 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Geprek Uyat Kota Gorontalo. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Tineke Wolok, S.T., M.M dan Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si.
Rumah Makan Geprek Uyat Kota Gorontalo merupakan salah satu bisnis kuliner yang ada di kota gorontalo. Pihak manajemen rumah makan berusaha untuk memenuhi kriteria yang menjadi bahan pertimbangan konsumen, baik itu kualitas produk, pelayanan, dan harga sehingga dapat memberikan kepuasan bagi konsumennya. Jika hal tersebut diabaikan, maka akan terjadi kesenjangan antara keinginan (harapan) konsumen terhadap kualitas produk, pelayanan, harga serta lokasi yang ada dirumah makan, oleh karena itu berhasil tidaknya rumah makan dalam berkomunikasi dengan para konsumen tergantung pada kualitas produk, pelayanan yang terbaik, dan harga yang terjangkau.
Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dengan obyek pada RM Geprek Uyat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen RM Geprek Uyat. Jumlah sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah 96 responden. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat sesuai dengan indikator yang kemudian dicek kevalidannya, studi literatur dan dokumentasi sebagai data pendukung.
Berdasarkan data yang diperoleh bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang berarti jika variabel kualitas produk semakin tinggi akan berpengaruh positif terhadap kepuasankonsumen. Hal ini didukung dengan hasil yang diperoleh dari uji signifikansi persial (uji t) dengan besar pengaruhnya adalah variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 67,9%.Berdasarkan nilai kriteria, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, kualitas produk berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan konsumen sehingga hipotesis diterima. Sedangkan data kualitas pelayanan menunjukkan bahwa variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen besar pengaruhnya adalah 3,7%. Berdasarkan nilai kriteria, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, kualitas pelayanan berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah sehingga hipotesis diterima.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Download berkas