Penulis / NIM
MUTMAINA S. LABA / 931417141
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Mutmaina Laba. NIM 931417141.2021. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Kerajinan Karawo di Kota Gorontalo). Skripsi. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hapsawati Taan,ST.,M.M Sebagai Pembimbing I dan Dr. Idris Yanto Niode, S.Pd, MM Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pengrajin karawo di Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan menggunakan metode non propability sampling dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling dengan keseluruhan anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 30 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan 1) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran, 2) orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan 3) orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 75,3% yang berarti variabilitas kinerja pemasaran dapat dijelaskan oleh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar sebesar 75,3%.
Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
Download berkas