Penulis / NIM
ZULKIFLY RAHMAN / 931418056
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis strategi promosi melalui pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan penjualan produk sport di toko Olahraga Jokam Sport Gorontalo. Data yang di ambil dalam penelitian ini merupakan data tentang pemanfaatan media sosisal terhadap promosi produk yang di dapatkan melalui proses wawancara terhadap Pemilik Jokam Sport Gorontalo. Data yang di ambil oleh peneliti mengenai Perkembangan penjualan sebelum menggunakan Media sosial dan setelah menggunakan Media sosial sebagai media promosi, Seperti penggunaan whatsaApp, Facebook, Dan Instagram. dalam hal ini menggunakan metode triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi). Dengan Analisis yang di gunakan oleh peneliti yaitu penelitian Kualitatif bersifat deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa di tahun 2019 sebelum menggunakan media sosial data penjualan di Toko Jokam Sport Gorontalo menujukan angka penjualan mencapai 200 unit pertahun kemudian setelah di terapkanya Media Sosial Sebagai media promosi produk, selama dua tahun terahir mengalami kenaikan yang baik dengan di tunjukannya dengan jumlah penjualan di 2020 mencapai 500 unit pertahun dan pada tahun 2021 mengalami kelonjakan penjualan mencapai 1000 unit pertahun. Hal ini karena Toko Jokam Sport menggunakan Strategi pemasaran yang tepat melalui pemanfaatan media berupa whatsaApp, Facebook, Dan Instagram dengan nama pengguna Instagram jokam_sportgorontalo dengan jumlah pengikut mencapai 1346, dan Nama pengguna Facebook Jokam Sport Gorontalo
Kata kunci: Pemasaran online, promosi, media sosial
Download berkas