Penulis / NIM
NURUL RAHMATIA ADJU / 931418081
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ANDI YUSNIAR MENDO, SE, MM / 0023097004
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Rahmatia Adju, 2022, Pengaruh Self Efficacy Dan Self Confidence Terhadap Krativitas Pelaku UMKM Di Provinsi Gorontalo. Hasil Program Studi S1 Manajemen Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si dan Ibu Dr. Andi Yusniar Mendo, SE., MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Self Efficacy dan Self Confidence berpengaruh terhadap kreativitas secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 100 sampel responden pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial self effcicacy berpengaruh terhadap kreativitas ditunjukan dengan nilai t hitung 2,849>1,290, sedangkan Self Confidence berpengaruh terhadap kreativitas dengan nilai r hitung 6,662>1,290. Sedaangkan hail penelitian uji F menunjukan F hitung 28,278< F tabel 3,94 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Self Efficacy dan Self Confidence secara simultan mempengaruhi kreativitas pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel self efficacy dan self confidence dalam menjelaskan variabel kreativitas sebesar 0,368 atau 36,8% masuk kategori sedang, 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel self esteem, self concept, inovasi produk, strategi pemasaran.
Kata Kunci: Self Efficacy , Self Confidence, Kreativitas.
Download berkas