Penulis / NIM
ULMA FITRIANI / 931418115
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
Ulma Fitriani. NIM 931418115. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Medis Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Dr. Hapsawati Taan, ST.,M.M Sebagai Pembimbing I dan Zulfia K. Abdussamad, SE.,M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Medis Terhadap Kepuasan Pasien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien, 2) fasilitas medis berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien, dan 3) kualitas pelayanan dan fasilitas medis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 31,8% yang berarti variabilitas kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas medis sebesar 31,8%.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Medis, Kepuasan Pasien
Download berkas