Penulis / NIM
PITRIYANTO LASENA / 931418124
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZAINAL ABIDIN UMAR, M.Si / 0008026903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
Pitriyanto Lasena. 2022. Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran gula pada perusahaan industri PT. PG Gorontalo Unit TolangohulaÂ. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dr. Zainal Abidin Umar, M.si Pembimbing II: Dr. Idris Yanto Niode, S,Pd, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan strategi pemasaran gula yang tepat melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threath) pada PT. PG Gorontalo Unit Tolangohula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi kuadran pertama yaitu situasi yang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT, maka dapat menggunakan alternatif strategi-strategi berikut : strategi S-O: Meningkatkan jumlah distributor, Pemanfaatan lokasi yang strategis. Strategi W-O: Melakukan inovasi produk, Melakukan promosi. Strategi S-T: Meningkatkan dan mempertahankan standar mutu produk, Perluasan wilayah pemasaran. Strategi W-T: Kerja sama dengan masyarakat, Pemanfaatan lahan tebu.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran
Download berkas