Penulis / NIM
LISA APRILIANI UMAR / 931418132
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
ABSTRAK
Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
Lisa Apriliani Umar1, Hapsawati Taan2, Umin Kango3
Email: lisa_s1manajemen2018@mahasiswa.ung.ac.id
Emal: hapsawatitaan@ung.ac.id
Email: umin.kango@ung.ac.id
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo1,2,3
Bisnis operator seluler terus berkembang dan meningkat dengan pesat sehingga pelanggan lebih memilih perusahaan yang menciptakan inovasi dan strategi dalam pelayanannya agar pelanggan tetap merasa puas dan tetap loyal dalam menggunakan produknya. Faktor yang menjadi stimulus pada peningkatan loyalitas pelanggan adalah Kepuasan dan Switching Barrier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan kartu Telkomsel dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis penelitian ini diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, yang berarti bahwa pelanggan tidak puas dengan Telkomsel karena tidak ada faktor lain untuk membuat pelanggan merasa puas seperti adanya Switching Barrier. Sedangkan Secara simultan, Kepuasan dan Switching Barrier memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.
Kata Kunci: Kepuasan; Switching Barrier; Loyalitas Pelanggan; Telkomsel
Download berkas