Penulis / NIM
ZENITA KASIM / 931418150
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
ABSTRAK
Zenita Kasim. 931418150. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Batudaa. Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajamen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Tineke Wolok, S.T, M.M. dan Pembimbing II Dr.Umin Kango, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah BRI unit Batudaa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan angket, penyebaran angket dilakukan pada 93 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis statistik yang disusun dimana H0 ditolak H1 diterima, atau Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah BRI unit Batudaa. Instrumen yang digunakan yang berisi pertanyaa-pertanyaan yang disusun melalui kuisioner mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari responden, yang menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh BRI unit Batudaa dalam kategori baikÂ, namun belum bisa dikatakan sempurna mengingat masih adanya faktor lain yang bisa mempengaruhi Kepuasan Nasabah. Kualitas Pelayanan yang diterapkan memiliki pengaruh sebesar 33,5% terhadap Kepuasan Nasabah. Hal tersebut tidak menjadikan Kualitas Pelayanan menjadi faktor utama tolak ukur utama BRI unit batudaa untuk meningkatkan Kepuasan Nasabah, memngingat faktor lainnya yang mempengaruhi Kepuasan Nasabah juga besar (66,5%) seperti kualitas produk, faktor emosional dan lain sebagainya.
Download berkas