Penulis / NIM
MUH NUR ALFIAN S. KASIM / 931418176
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan merek Nabih pada CV. Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan purposive random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Popayato dengan sampel penelitian berjumlah 97 responden.
Fokus penelitian ini menganalisis 1) untuk mengetahui pengaruh citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian, 2) untuk mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian, 3) untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Hasil pengujian instrumen penelitian menggunakan kuesioner, dengan sarana analisis menggunakan program SPSS versi 22. Dari hasil uji validitas diketahui r hitung t tabel maka instrumen penelitian berdasarkan hasil jawaban responden dinyatakan valid. Hasil penelitian uji t diperoleh nilai t hitung dari variabel citra merek sebesar 3,344 t tabel 1,985, nilai t hitung dari variabel harga sebesar 3,863 t tabel 1,985 dan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 22,8% sedangkan sisanya 77,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui pengujian ini maka didapatkan variabel citra merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada air minum dalam kemasan merek Nabih pada CV. Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato.
Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian.
Download berkas