Penulis / NIM
YAZID BUSTOMIN PAUTINA / 931418191
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
Yazid Bustomin Pautina 931 418 191. 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Uiversitas Negeri Gorontalo). Hasil Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Yulinda L. Ismail, S.Pd, M.Si sebagai pembimbing 1 dan Zulfia K. Abdussamad, SE, M.Si. sebagai pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee, 2) pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee, 3) pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yaitu sebanyak 93 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi mahasiswa manajemen fakultas ekonomi universitas negeri Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 3.052 > t tabel 1.986, 2) kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 7.362 > t tabel 1.986, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 63.844 < F tabel 3.10 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kepercayaan dan kemudahan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 58,7% dikategori cukup, dapat disimpulkan bahwa 3) kepercayaan dan kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee sedangkan sisanya 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, promosi, kualitas informasi serta variabel moderasi seperti corporate image.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan pembelian.
Download berkas