Penulis / NIM
SRI MULYANI WAKIDEN / 931418200
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAMLAN AMIR ISA, SE, MM / 0028087507
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
Sri Mulyani Wakiden 931 418 200. 2022. STRATEGI PERLUASAN PASAR PADA PENJUALAN IKAN ASIN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Penjualan Ikan Asin di Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo) Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Ramlan Amir Isa, SE,MM Sebagai pembimbing 1 dan Bapak Andi Juanna, S.Pd, M.Sc Sebagai pembimbing 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis strategi perluasan pasar pada penjualan ikan asin di tengah pandemi covid-19 studi kasus pada penjualan ikan asin di Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Data-data yang dibutuhkan atau digunakan dalam penelitian ini adalah data-data tentang strategi perluasan pasar dalam penjualan ikan asin pada masa pandemi covid-19 yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik usaha rumahan ikan asin di Desa Torosiaje. Dan data tentang faktor penentu dalam penjualan ikan asin pada masa pandemi covid-19 yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik usaha rumahan ikan asin di Desa Torosiaje. Pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu dengan non-probability sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data bersifat kualitatif, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dalam hal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat pandemi covid-19 sebagian besar pelaku usaha ikan asin di Desa Torosiaje untuk sementara tidak beroperasi, hanya ada satu pelaku usaha yang bertahan yaitu Rita Apunye. Dan strategi perluasan pasar dalam masa pandemi covid-19 yang dilakukan adalah tambah produk, tingkatkan volume penjualan pada pelanggan yang sudah ada, serta lebarkan pasar kedaerah baru.
Kata kunci: Perluasan Pasar, Penjualan Ikan Asin, Pandemi Covid-19
Download berkas