Penulis / NIM
NADHIRAH SEPTIANA DEWI PAEMO / 931418204
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Nadhirah Septiana Dewi Paemo 931 418 204. 2022."Pengaruh Pelayanan dan Lingkungan Fisik Pasar Tradisional Terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Tineke Wolok S.T. M.M selaku pembimbing 1, Ibu Zulfia K. Abdussamad, S.E, M.Si. selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Pasar Andalas Kota Gorontalo, 2) Menganalisis pengaruh lingkungan fisik terhadap kepuasan konsumen di Pasar Andalas Kota Gorontalo, 3) Menganalisis pengaruh pelayanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan konsumen di Pasar Andalas Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Snowball Sampling yaitu sebanyak 97 responden. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan melakukan wawancara. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa 1) variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen seperti ditunjukkan dengan nilai t hitung 1.192 < 1.66123 t tabel. 2) variabel lingkungan fisik berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai t hitung 7.176 > t tabel 1.66123, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 40.458 > F tabel 3.09 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya pelayanan dan lingkungan fisik secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen yang berbelanja di Pasar Andalas. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 46,3%, dikategori cukup, dapat disimpulkan bahwa pelayanan dan lingkungan fisik pasar secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Pasar Andalas. Untuk sisanya 53,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, kualitas produk.
Kata Kunci: Pelayanan, Lingkungan fisik, Kepuasan Konsumen.
Download berkas