Penulis / NIM
VERAWATI NASIBU / 932310062
Program Studi
D3 - ADMINISTRASI PERKANTORAN
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Verawati Nasibu. Nim 932 310 062. Efektifitas Pengelolaan Arsip Bagian Kepegawaian Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo. makalah. Dibawah bimbingan Bapak Irwan Yantu, S.Pd, M.Si selaku bimbingan I dan Ibu Zulfia K. Abdussamad, SE, M.Si selaku bimbingan II . Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.
Kearsipan yang teratur dan tertib merupakan alat informasi yang dapat membantu lembaga pemerintah dan swasta dalam melancarkan kegiatannya salah satu faktor yang turut menentukan tercapainya tujuan organisasi dalam pengelolaan organisasi kearsipan adalah ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai Berdasarkan paparan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas Efektifitas Pengelolaan Arsip Bagian Kepegawaian Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo.Teknik pengumpulan data, yakni observasi dan wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa Dalam hal efektifitas pengelolaan arsip bagian kepegawaian Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo masih dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kurangnya fasilitas penunjang dalam pelaksanaan kearsipan, dan kurangnya pengetahuan para pegawai mengenai prosedur kearsipan. mengingat Bagian Kepegawaian belum memiliki tenaga ahli di dalam menangani kearsipan, maka keputusan dari pimpinan akan menambah lagi formasi pegawainya yakni menambah sumber daya manusia yang ahli dalam menangani kearsipan yaitu arsiparis dan agendaris.
Kata Kunci : Efektifitas Pengelolaan Arsip
Download berkas