Penulis / NIM
ACHMAD SYARIB USMAN / 932310095
Program Studi
D3 - ADMINISTRASI PERKANTORAN
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMMAD AGUSSALIM MONOARFA, SE, MM / 0017088001
Abstrak
ABSTRAK
AHMAD SYARIF USMAN, Nim 932 310 095, “Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Gorontalo” karya tulis, Program Studi D3 Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2013. Di bawah bimbingan Irwan Yantu, S.Pd, M.Si dan Moh. Agussalim Monoarfa, SE, MM.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana disiplin kerja pegawai yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Gorontalo sehingga bisa menjadi tolak ukur dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Dalam penelitian ini peran peneliti adalah sebagai instrument yang utama terlibat langsung dalam observasi atau wawancara, sehingga data yang dikumpulkan benar-benar akurat dan kebutuhan penetilian. Langkah-langkah pengumpulan data terdiri dari wawancara, Observasi dan Dokumentasi serta dideskripsikan sesuai dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian bahwa secara umum disiplin kerja pegawai yang ada di kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Gorontalo sudah berjalan dengan baik tinggal bagaimana membenahi serta meningkatkan lagi. Keterlambatan masuk kantor adalah salah satu masalah yang terjadi selain kelelaian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Disiplin yang optimal sangat menunjang kualitas serta peningkatan kerja pegawai untuk mencapai tujuan dan hasil yang baik. Peran dari semua pihak atau pegawai serta pimpinan itu sendiri dalam menciptakan lingkungan kerja yang disiplin dapat membawa hasil yang positif. Selain itu pimpinan hendaknya selalu mmelakukan koordinasi dengan pegawai dalam usaha meningkatkan disiplin pegawai.
Download berkas