Penulis / NIM
AGUNG NUGRAHA / 941416001
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTY MOZIN, S.T., MPA / 0006077509
Abstrak
ABSTRAK
Agung Nugraha. 941416001. Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pelayanan Publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si dan Pembimbing II Dr. Sri Yulianty Mozin, S.T., MPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, (2) Faktor pendukung dan penghambat untuk mewujudkan efektivitas kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang dijalankan adalah penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumenter. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian: Kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo dilihat dari kualitas kinerja terwujud melalui dimensi tangible (berwujud), reliability (kehandalan), empathy (empati). Namun belum terwujud dalam dimensi responsiviness (respon/ ketanggapan) dan assurance (jaminan). Dilihat dari kuantitas kinerja terwujud melalui penetapan target sesuai kemampuan yang rasional dan mekanisme kerja berdasarkan SOP. Namun belum terwujud dalam penyelesaian pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Dilihat dari ketepatan waktu terwujud melalui ketepatan waktu masuk dan pulang kerja, meninggalkan tempat kerja sesuai izin, dan memaksimalkan waktu kerja di tempat kerja. Namun belum terwujud penyelesaian pekerjaan yang menjadi tugas pokok pada jam kerja. Faktor pendukung untuk mewujudkan efektivitas kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo yaitu adanya motivasi kerja, pengembangan tingkat pendidikan/ pengalaman kerja sumber daya manusia, serta peralatan dan perlengkapan kerja seperti komputer, printer, gedung dan fasilitas lainnya. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya pelatihan pengembangan diri sumber daya manusia dan sarana/ prasarana kerja aplikasi SOP elektronik (e-SOP) yang belum diintegrasikan dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.
Kata kunci: Efektivitas, Kinerja Aparatur Sipil Negara, Pelayanan Publik.
Download berkas