Penulis / NIM
ZULKIFLI A. MOHI / 941416003
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifli A Mohi. 2021. Pengaruh Pengelolaan Kearsipan Terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan daerah Provinsi Gorontalo. Jurusan S1-Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Fenti Prihatini Dance Tui, S.Pd., M.Si, Pembimbing II: Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efisiensi kerja pegawai di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo sebanyak 54 orang sampel adalah keseluruhan jumlah populasi dengan menggunakan metode sampel jenuh.
Berdasarkan hasil penelitian analisis regresi penelitian membuktikan bahwa jika ada penambahan 1 satuan/ poin dari Pengelolaan kearsipan yang dilakukan, maka akan menambah nilai efisiensi kerja pegawai pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo, dengan hasil perhitungan hipotesis (Uji t) penelitian membuktikan bahwa pengelolaan kearsipan berpengaruh positif terhadap efisiensi kerja pegawai karena t hitung lebih besar dari t tabel dengan hasil 5,215 > 1,675 hal ini berarti Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima., dan besarnya pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efisiensi kerja pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo adalah sebesar 34,3% sendangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pengelolaan Arsip, Efisiensi Kerja.
Download berkas