Penulis / NIM
ELYSA ARIESTANTI PAKAYA / 941416024
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076704
Abstrak
ABSTRAK
Elysa Ariestanti Pakaya. 941416024. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan I Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si dan Pembimbinga II Dr. Juriko Abdussamad, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. metode penelitian expost facto. Populasi yakni pegawai dan masyarakat kemudian dengan metode purposive sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 70 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni premier. Teknik pengumpalan data dengan cara melakukan penyebaran angket kepada pegawai dan masyarakat. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo. Nilai Koefisien regresi dengan arah positif menunjukan terdapat pengaruh yang. baik dari kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan publik di DPMPTSP Kota Gorontalo, karena kepemimpinan transformasional akan menstimulus para pegawai untuk bisa memberikan pelayanan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat sebagai penggunan pelayanan publik pemerintahan. Nilai R Square adalah sebesar 0,679 yang berarti bahwa sebesar 67,90% variabilitas kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo dapat dijelaskan. oleh kepemimpinan transformasional. Semakin baik kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh pimpinan kepada para pegawainya, maka para pegawai akan semakin baik. dalam memberikan pelayanan publik berdasarkan penilaian masyarakat yang merasa puas atas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Sisanya sebesar 32,10% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. seperti budaya organisasi, komitmen pegawai, kompetensi pegawai, motivasi kerja, pendidikan, pelatihan dan bimbingan teknis kepada pegawai serta kesesuaian penempatan kerja bagi pegawai.
Kata Kunci: Kepemimpinan Tranformasional, Pelayanan Publik
Download berkas