Penulis / NIM
NURFADILAH HELINGO / 941417005
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Kualitas Pelayanan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo dilihat dari beberapa indikator (a) bukti fisik, (b) empati, (c) keandalan, (d) responsif, (e) jaminan dan (2) Faktor ���" faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Haji dan Umrah meliputi, Kompetensi, Komunikasi, Kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kualitas pelayanan haji dan umrah pada kantor kementrian agama kota Gorontalo dilihat dari lima indikator yaitu bukti fisik, empati, keandalan, responsif, dan jaminan telah berjalan dengan baik, tetapi masih belum maksimal karena memiliki kekurangan dalam sarana dan prasarana yaitu tidak adanya struktur organisasi dan alur pelayanan yang tertempel dan masih belum adanya SOP khusus untuk pelayanan haji dan umrah pada kantor kementrian agama kota Gorontalo. (2) Faktor ���" faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yang meliputi faktor kompetensi, komunikasi dan kepemimpinan berdasarkan hasil penelitian pada umumnya sudah terpenuhi dengan baik melalui wawancara yang dilakukan selama penelitian berlangsung.
Download berkas