SKRIPSI

Penulis / NIM
NIRMALAWATY EFENDI / 941417014
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip pelayanan publik di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dilihat dari aspek Tangible, emphaty, Reliability, Responsiveness, Assurance.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan Prinsip Pelayanan Publik di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo sudah sudah diterapkan dengan baik sesuai prosedure yang sudah di tetapkan dan para pegawai sudah melaksanakan dengan baik dari prinsip pelayanan publik tersebut, sehingga kedepannya dapat menjadi contoh bagi pegawai yang lainnya untuk tetap melaksanakan pelayanan bagi masyarakat dengan baik. Maka dapat di simpulkan dari hasil wawancara kepada beberapa narasumber dan sudah diperjelas teori pendukung mendapatkan hasil yang baik artinya dari 5 Prinsip Pelayanan yaitu Tangible, emphaty, Reliability, Responsiveness, Assurance 4 diantaranya sudah sesuai dan dikatakan baik. Tetapi masih memiliki kendala yang dilihat dari dimensi pelayanan tangible memperlihatkan sarana dan prasarana pada Kantor Dinas Kesehatan Gorontalo belum lengkap dan masih perlu adanya laporan inventoris pada bangku untuk ruang tunggu sehingga hal ini dapat dilaporkan adanya prasarana yang kurang memadai. Selanjutnya sebagai evaluasi kedepannya agar pelayanan publik di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dapat di tingkatkan. Kata Kunci : Pelayanan Publik ABSTRACT Nirmalawaty Efendi. Student ID Number 941417014. 2021. Application of Public Service Principles at the Gorontalo Provincial Health Office. Undergraduate Thesis. Program of Public Administration, Department of Public Administration, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Irawaty Igirisa, S. Pd., M. Si, and the co-supervisor is Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si. This study aims to describe the application of public service principles at the Gorontalo Provincial Health Office from the perspective of Tangible, empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance aspects. This study applied a qualitative approach method with a qualitative descriptive research type. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The findings of the study showed that the application of the principle of public service at the Gorontalo Provincial Health Office had been properly implemented following the procedures that have been established, and the employees have carried out the principles of public service well. Thus, it is expected to serve as an example for other employees to continue providing excellent services to society in the future. Furthermore, the interviews with a variety of sources have revealed. that supporting theories create positive results, implying that four of the five service principles, namely Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, and Assurance, are appropriate and good. However, difficulties remain in the physical service dimension, indicating that the Gorontalo Health Office's facilities and infrastructure are not yet completed, and an inventory report on the bench for the waiting area is still required so that inadequate infrastructure can be reported. For future evaluation, The Gorontalo Provincial Health Office is required to improve its public services as well. Keyword: Public Service
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011