Penulis / NIM
ANDI SITI AIZAWA GUMERIANI / 941417020
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk a) Mengetahui bagaimana penerapan good Governance dalam pelayanan pembuatan E-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo. b) Mengetahui apa saja faktor yang menentukan penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian yakni menggunakan metode kualitatif dengan Sumber data yang dilakukan menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa a) penerapan prinsip Good Governance dalam pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo dari segi partisipasi masyarakat, transparansi, daya tanggap dan akuntabilitas itu sudah terealisasikan. hanya saja belum direalisasikan secara maksimal, partisipasi masyarakat terbilang masih rendah, transparansi informasi terkait pelayanan pembuatan E-KTP masih belum sampai kepada masyarakat, daya tanggap pegawai yang masih kurang serta akuntabilitas pegawai yang masih perlu ditingkatkan lagi. b) faktor yang menetukan penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan pembuatan E-KTP. Berhasil atau tidaknya penerapan prinsip-prinsip Good Governance bergantung pada dua faktor yaitu faktor pelaksana dan faktor peralatan dalam faktor pelaksana sudah baik, kemampuan dan sikap yang diberikan pegawai selama proses pelayanan sudah baik namun dari segi peralatannya terdapat sedikit hambatan karena hampir semua peralatan atau sekitar 80% peralatan di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil itu berasal dari pengadaan 2011.
Download berkas