Penulis / NIM
NURFIDYA ZAMILA MANGATA / 941417043
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YAKOB NOHO NANI, S.Pd., M.Si / 0021117506
Abstrak
Nurfidya Zamila Mangata. 941417043. 2021. Evektivitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Program S1 Administrasi Publik, Jurusan Adminstrasi Publik, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Yakob Noho Nani, S.Pd, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Efektivitas Pelayanan Publik Publik di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dilihat dari aspek waktu, kecermatan, gaya pemberian pelayanan. (2) Faktor-faktor Pendukung Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dilihat dari aspek kesadaran, aturan, organisasi, kemampuan dan keterampilan, sarana pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, Efektivitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo sudah diimplementasikan berdasarkan Undang- undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Dilihat dari tiga indikator pengukur efektivitas pelayanan publik yakni waktu, kecermatan, dan gaya pemberian pelayanan bahwa pelayanan publik di Kantor Camat Telaga Biru dalam pelaksanaan pelayanan publik sudah memenuhi standar tiga indikator pengukur tersebut sehingga dapat dikatakan sudah maksimal. Sedangkan faktor-faktor pendukung dalam pelayanan publik belum dilaksanakan dengan maksimal, dari kelima faktor pendukung tersebut empat diantaranya sudah terlaksana dengan baik di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo yakni faktor kesadaran, aturan, organisasi, kemampuan dan keterampilan. Satu sisinya yakni faktor sarana pelayanan masih perlu ditingkatkan karena masih menuai kritikan dan berdampak pada keefektifan pelayanan publik di Kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik
Download berkas