SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI RADHIKA MOHAMAD / 941417052
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTY MOZIN, S.T., MPA / 0006077509
Abstrak
ABSTRAK SITI RADHIKA MOHAMAD. 941417052. 2021. Peranan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi bagi masyarakat di Kantor Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo . Skripsi Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, dengan pembimbing I Dr. Yanti Aneta, S.Pd.,M.Si dan pembimbing II Dr. Sri Yulianty Mozin, ST., MPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peranan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat di Kantor Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. (2) kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo dilihat dari 5 dimensi yaitu wujud fisik (Tangible), ketanggapan (Responsiveness), kehandalan (Realibility), jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty). Pendekatan yang digunakan yakni kualitatatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peranan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat di Kantor Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo telah dilaksanakan dengan cukup baik namun persepsi masyarakat atas hal tersebut masih kurang sesuai dengan harapan masyarakat. Peranan kepala kelurahan harus lebih adil bagi masyarakat, kemudian untuk sekretaris kelurahan harus melakukan penguatan yang intens bagi aparat kelurahan untuk komitmen dan loyal dalam memberikan pelayanan, bagi kepala urusan yang menjadi kewenangan dari sekretaris kelurahan harus senantiasa memperhatikan aspek perencanaan pembangunan baik sarana prasarana di dalam kelurahan maupun sarana publik bagi masyarakat kemudian untuk kepala seksi masih harus meningkatkan inisiatif dalam pelayanan administrasi bagi masyarakat memperoleh bantuan sosial. (2) Pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo masih belum memenuhi standar kualitas pelayanan yang diharapkan masyarakat dalam menciptakan kepuasan atas pelayanan administrasi. Pemerintah Kelurahan Talumolo hanya mampu memberikan pelayanan yang cukup baik dengan ketersediaan sarana prasarana yang sudah cukup memadai dan pemenuhan janji pelayanan yang seluruhnya gratis bagi masyarakat namun untuk sikap empati, kehandalan dalam pelayanan serta daya tanggap masih belum sesuai progresnya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan tersebut. Kata Kunci: Peran, Pelayanan Administrasi, Kelurahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011