Penulis / NIM
SHYNTHIEA FUSFITA T. DJABAR / 941417068
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMET SULILA, S.E., M.Si / 0018037802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Abstrak
SHYNTHIEA FUSFITA T DJABAR. 941417068. 2021. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR SAMSAT KOTA GORONTALO. Skripsi. Jurusan S1 Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Ismet Sulila, SE, M.Si dan Dr. Yanti Aneta, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 masyarakat yang melakukan perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran kuisioner kepada responden dengan spesifikasi yang telah ditentukan, sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dengan nilai R square adalah sebesar 0,855. Nilai ini menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh kontribusi sebesar 85.5% terhadap variabel Kepuasan Masyarakat dan 14,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel Kualitas Pelayanan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Download berkas