Penulis / NIM
WIDYASARI SAHRAIN / 941417069
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Abstrak
WIDYASARI SAHRAIN, 941417069. 2021 INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN DI RSUD TOTO KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd sebagai pembimbing I, dan Ibu Dr. Irawaty Igirisa S.Pd, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam pelayanan di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.205 orang yang kemudian dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indeks kepuasan masyarakat (IKM) dalam pelayanan memiliki skor IKM sebesar 69,38% yang berada pada kriteria mutu yang baik (mutu B). Hal ini menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan dengan baik, sehingga mampu untuk memberikan kepuasan bagi masyarakat atas pelayanan publik bidang kesehatan tersebut. Masyarakat cenderung puas dengan persyaratan pelayanan, kompetensi petugas layanan kesehatan terutama dokter dan perilaku petugas kesehatan terutama dokter. Sementara itu untuk aspek SOP pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, jenis produk layanan, penanganan pengaduan serta sarana & prasarana masih belum optimal, sehingga harus dioptimalkan oleh manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango guna meningkatkan kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan yang diberikan organisasi sektor publik kepada masyarakat penerima layanan kesehatan tersebut.
Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan
Download berkas