Penulis / NIM
						YOWAN YUNUS / 941417078
						Program Studi
						S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
						Abstrak
						YOWAN YUNUS. 941417078. 2021. Perilaku Birokrasi Dalam 
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito Kabupaten 
Pohuwato. Skripsi Program S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Fenti Prihatini Dance 
Tui, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd, M,Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana Perilaku 
Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan 
Lemito Kabupaten Pohuwato dan (2) Faktor-faktor penentu Perilaku Birokrasi 
Dalam Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito 
Kabupaten Pohuwato yang dilihat dari beberapa aspek diantaranya (a) 
Kepemimpinan (b) Kompetensi, (c) Pemberian penghargaan (d) Ketersediaan 
Fasilitas Kerja. Metode penelitian ini, menggunakan metode pendekatan 
penelitian deskriptif kualitatif yaitu dilakukan dengan melalui wawancara secara 
mendalam dengan informan penelitian. 
             Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa Perilaku Birokrasi Dalam 
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lemito sudah diterapkannya 
tentang Peraturan Perundang-undangan Pemerintah No 46 Pasal 12 Tahun 2011 
yang dimulai pada indikator Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, 
dan Kerja Sama. Untuk faktor-faktor penentu Perilaku Birokrasi Dalam 
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito harus 
ditingkatkan dengan adanya Kepemimpinan yang baik, Kompetensi, dan 
Pemberian Peghargaan yang sesuai guna untuk mengoptimalisasikan pelayanan. 
Dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggeraan Pelayanan 
Publik Di Kantor Kecamatan Lemito sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan 
visi dan misi yang sudah ada, walaupun masih harus ditingkatkan lagi seperti 
faktor orientasi pelayanan, komitmen, kedisiplinan, kepemimpinan dan 
kompetensi.
Kata Kunci: Perilaku Birokrasi, Pelayanan Publik
						Download berkas