Penulis / NIM
YOWAN YUNUS / 941417078
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
YOWAN YUNUS. 941417078. 2021. Perilaku Birokrasi Dalam
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito Kabupaten
Pohuwato. Skripsi Program S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Fenti Prihatini Dance
Tui, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd, M,Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana Perilaku
Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan
Lemito Kabupaten Pohuwato dan (2) Faktor-faktor penentu Perilaku Birokrasi
Dalam Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito
Kabupaten Pohuwato yang dilihat dari beberapa aspek diantaranya (a)
Kepemimpinan (b) Kompetensi, (c) Pemberian penghargaan (d) Ketersediaan
Fasilitas Kerja. Metode penelitian ini, menggunakan metode pendekatan
penelitian deskriptif kualitatif yaitu dilakukan dengan melalui wawancara secara
mendalam dengan informan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa Perilaku Birokrasi Dalam
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lemito sudah diterapkannya
tentang Peraturan Perundang-undangan Pemerintah No 46 Pasal 12 Tahun 2011
yang dimulai pada indikator Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin,
dan Kerja Sama. Untuk faktor-faktor penentu Perilaku Birokrasi Dalam
Penyelenggeraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Lemito harus
ditingkatkan dengan adanya Kepemimpinan yang baik, Kompetensi, dan
Pemberian Peghargaan yang sesuai guna untuk mengoptimalisasikan pelayanan.
Dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggeraan Pelayanan
Publik Di Kantor Kecamatan Lemito sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan
visi dan misi yang sudah ada, walaupun masih harus ditingkatkan lagi seperti
faktor orientasi pelayanan, komitmen, kedisiplinan, kepemimpinan dan
kompetensi.
Kata Kunci: Perilaku Birokrasi, Pelayanan Publik
Download berkas