Penulis / NIM
RACHMAT SYARIF PUTRA DATAU / 941417091
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Abstrak
ABSTRAK
RACHMAT SYARIF PUTRA DATAU. 941417091. Optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik di Kantor Camat Kota Tengah Kota Gorontalo Tahun 2022. Skripsi Program Studi S1 Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, dengan Pembimbing I Dr. Zuchri Abdussamad, S.IK., M.Si dan Pembimbing II Dr. Yanti Aneta S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik Di Kantor Camat Kota Tengah Kota Gorontalo yang dilihat dari lima dmensi yaitu : Keandalan, Ketanggapan, Keyakinan, Empati, Wujud. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Aspek Keandalan (reliability), menunjukkan bahwa Masih ada pegawai yang belum begitu paham dengan SOP beberapa kegiatan pelayanan administrasi. 2) Ketanggapan (responsiveness), dapat disimpulkan bahwa aspek daya tanggap yang dimiliki aparat masih rendah dan perlu diperbaiki dalam upaya optimalisasi pelayanan administrasi.3) Keyakinan (confidence), Menunjukan bahwa sifat yang ditunjukkan oleh pegawai kurang meyakinkan masyarakat bahwa yang bersangkutan cukup berkompeten dalam melaksanakan tugas. 4) Empati (emphaty), gambaran dalam kantor camat bahwa dari pelayanan administrasi punlik yang ditinjau dari segi empati masih kurang dan masih perlu diperbaiki lagi, pemberian pelayanan kesediaan aparat dalam memberikan informasi merupakan hal yang perlu mendapat perhatian. 5) Berwujud (Tangible), berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam aspek bukti fisik fasilitas di kantor camat ini cukup memadai para pegawai disini sudah
menggunakan perangkat computer yang lengkap tetapi dalam segi jumlah atau kuantitas ketersediaan computer dan printer belum cukup, fasilitas penunjang seperti mesin fotokopi belum tersedia dan penggunaan genset saat listrik mati belum di optimalkan, kedepannya aspek ini perlu diperbaiki dalam rangka optimalisasi pelayanan administrasi publik kantor camat kota tengah.
Kata Kunci : Optimalisasi, Pelayanan Administrasi, Kecamatan.
ABSTRACT
RACHMAT SYARIF PUTRA DATAU. 941417091. Optimization of Public
Administration Services at Office of Kota Tengah Subdistrict of Gorontalo City in
2022. Bachelor's Degree Program in Public Administration. Faculty of Social
Sciences. Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Zuchri
Abdussamad, S.IK., M.Si and the co-supervisor is Dr. Yanti Aneta S.Pd, M.Si.
This current research aims to determine and describe the optimization of public
administration services at Office of Kota Tengah Subdistrict of Gorontalo City which
is observable from five dimensions including: Reliability, Responsiveness,
Confidence, Empathy, and Tangibles. The approach used is qualitative with
descriptive type. The research data are collected through interview, observation, and
documentation. In the meantime, the data analysis technique applied in this current
research includes the stages o data reduction, data display, and verification.
The research findings indicate that 1) the dimension of reliability signifies that there
are still employees who are not very familiar with the SOP for some administrative
service activities, 2) the dimension of responsiveness signifies that the apparatus'
responsiveness is still low and needs to be improved to optimize administrative
services, 3) the dimension of confidence signifies that the character shown by the
employee does not convince the public that the person concerned is sufficiently
competent in carrying out the task, 4) the dimension of empathy signifies that it
remains low and still needs to be improved where the provision of services is related
to the willingness of apparatus in providing information which requires certain
attention, and 5) the dimension of tangibles signifies that the facilities at the sub-
district office are adequate where the employees have operated complete computer
equipment although its quantity is not sufficient. In addition, the supporting facilities
such as photocopiers are not yet available, and the use of generators when the power
goes out has not been optimized. Therefore in the future, this aspect needs to be
improved to optimize the public administration Service at the Office of Kota Tengah
Subdistrict.
Keywords: Optimization, Administrative Services, Subdistrict.
Download berkas